Keluwesan gerak yang merupakan unsur latihan pada senam irama

Keluwesan gerak yang merupakan unsur latihan pada senam irama

Keluwesan gerak yang merupakan unsur latihan pada senam irama disebut fleksibilitas. Komponen tersebut akan tercipta dengan baik apabila koreografi sudah disusun sebelumnya. Jikalau Anda hobi senam, maka ada beberapa poin penting yang menarik untuk dibahas.

Keluwesan gerak yang merupakan unsur latihan pada senam irama

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa olahraga ini termasuk kedalam cabang senam artistik. Dimana setiap gerakannya memiliki koreografi bernuansa akrobatik, balet dan modern. Maka tidak heran jika kegiatan ini sangat digandrungi oleh kaum hawa.

Rudolf node, francia delsartre dan Jean George niverre adalah nama tokoh yang berpengaruh terhadap sejarah olahraga ini. Dalam pelaksanaannya senam irama akan selalu diiringi oleh musik tertentu.

Senam irama juga sering dijadikan sebuah perlombaan dalam olimpiade. Bahkan bisa sampai ke taraf internasional. Olahraga satu ini dapat dilakukan secara kelompok maupun perseorangan.

Unsur Keluwesan dan Fleksibilitas

Berdasarkan informasi yang di dapat dari situs gokemedia, Salah satu ciri keluwesan ketika melakukan senam irama yaitu gerakan tubuh  terlihat tidak  terlalu kaku. Agar unsur tersebut dapat tercipta dengan baik, maka diperlukan latihan secara rutin atau konsisten.

Di dalam senam irama juga terdapat unsur fleksibilitas yaitu kondisi dimana seseorang lebih lincah dan tidak merasa takut apabila mengalami cedera saat melakukan serangkaian gerakan pada olahraga tersebut.

Dikarenakan  pernyataan diatas  memiliki kesamaan yaitu  bagian tubuh tidak terlalu kaku atau lincah, maka dari itu dapat  disimpulkan bahwa keluwesan gerak yang merupakan unsur latihan pada senam irama disebut fleksibilitas. Bagaimana sudah paham kan?

Manfaat Senam Irama

Salah satu manfaat dari melakukan  senam irama yaitu dapat melatih keseimbangan, dengan begitu bisa meminimalisir resiko terjadinya pembengkokan pada tulang belakang dan membantu menjaga postur tubuh.

Tidak hanya itu melakukan senam irama secara rutin dapat menambah kekuatan dan kelenturan jaringan otot. Hal ini dikarenakan pada olahraga tersebut terdapat gerakan-gerakan ringan yang mudah dilakukan oleh tubuh.

Jenis senam ini  juga terbukti mampu mengoptimalkan fungsi otak. Hal itu dikarenakan ketika melakukan olahraga ini  ada irama yang harus diperhatikan. Iringan musik tersebut juga bisa menurunkan hormon stress.

Dari pembahasan artikel diatas dapat disimpulkan bahwa keluwesan gerak yang merupakan unsur latihan pada senam irama disebut fleksibilitas. Dikarenakan keduanya memiliki pengertian yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.